kembali ke induk halaman

kembali ke halaman depan

Ekonomi Islam adalah ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai illahiyah. Ia memadukan antara logic thinking yang dimiliki oleh manusia dengan wahyu dari Allah SWT. Sehingga ilmu ini memiliki keseimbangan antar dua alam: dunia dan akhirat.

Berbeda dengan ilmu ekonomi konventional, ilmu ekonomi islam sangat mengutamakan nilai-nilai moral yang berasal dari wahyu Allah. Sehingga ketika ia diterapkan, pastilah akan tercapainya kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.

Namun ilmu ekonomi Islam belum tergali secara sempurna. Baru sebahagian konsepnya yang telah dijabarkan memenuhi kaidah ilmiah sehingga kebsahannya dapat diterima oleh non muslim sekalipun. Dengan arti kata lain, masih banyak dari ilmu ini yang belum tergali sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian dan pengembangan ilmu ekonomi islam harus dilakukan oleh seluruh kaum intelektual muslim. Tidak terlepas apakah ia tua atau muda ia harus memperjuangkan tegaknya nilai Illahiyah dalam ilmu ekonomi. Oleh sebab itu mahasiswa sebagai intelektual muda, mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pengembangan ilmu ekonomi islam. Karena mahasiswa adalah intelektual, manusia dengan semangat tinggi dan penuh kreativitas.

ISLAMIC STUDIES OF ECONOMICS FORUM (ISEF) merupakan Lembaga Kajian Ekonomi Islam dalam bentuk Badan Semi Otonom dibawah koordinasi Badan Otonom Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. ISEF adalah suatu forum yang bertujuan untuk mengkaji ilmu ekonomi melalui perspektif Islam. Islam adalah agama yang komprehensif yang mengatur seluruh segi kehidupan manusia termasuk bidang ekonomi. ISEF mencoba untuk mengagas kajian ekonomi Islam dalam rangka mendorong pengembangan sistem ekonomi Islam agar dapat dijadikan sistem pilihan dalam memecahkan problematika di bidang ekonomi.

Tugas kita sebagai muslim adalah terus menerus berupaya dengan ikhlas, intens, dan tetap mengacu pada “nilai tauhid” untuk menjadikan Islam sebagai “rahmatan lil alamin” dengan membuat agenda mempersatukan nilai-nilai Islam dalam setiap gerak kehidupan,termasuk mengembangkan ilmu pengetahuan ekonomi berdasarkan konsep Islam.

ISEF adalah wujud akumulasi tekad mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya untuk mempelajari Ekonomi Islam secara terstruktur dan sistematis dan berupaya untuk mengimplementasikan Ekonomi Islam dalam wujud pengembangan dan pemberdayaan Sistem Ekonomi Islam dalam tatanan teoritis dan praktis di kehidupan sehari-hari.

ISEF sebagai Lembaga Pengkajian Ekonomi Syari’ah pada dasarnya bukanlah lembaga pertama yang bertujuan melakukan pengkajian Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. ISEF merupakan transformasi lembaga pengkajian Ekonomi Islam terdahulu. Sebelum bertransfomasi nama menjadi ISEF, lembaga pengkajian Ekonomi Islam di FE Unsri bernama FILES (Forum Ilmiah Ekonomi Syari’ah) periode waktu tahun 1997-2001 yang dimotori oleh Ahmad Sudiro dkk. Pada periode ini FILES diamanahi menjadi Koordinator FoSSEI Regional Sumbagsel untuk lembaga pengkajian Ekonomi Islam. FILES bertransformasi nama menjadi LKEI (Lembaga Kajian Ekonomi Islam) periode waktu 2001-2005 yang dimotori oleh Ahmad Nurul Hadi dkk.

Perbedaan ISEF dengan FILES dan KEI adalah ISEF berbentuk Badan Semi Otonom (BSO) yang secara struktural berkoordinasi dengan BO Ukhuwah FE Unsri sedangkan FILES dan KEI adalah salah satu departemen di BO Ukhuwah. Perubahan bentuk dan status organisasi tersebut diharapkan akan menjadi titik awal hidup kembali aktivitas pengkajian ekonomi Islam di FE Unsri.

ISEF bermula dari keprihatinan dan cita-cita beberapa pendiri FILES dan pengurus BO Ukhuwah yang melihat aktivitas pengkajian Ekonomi Islam yang mengalami stagnasi (Baca: antara ada dan tiada) di BO Ukhuwah FE Unsri pada periode kepengurusan 2001-2005. Lahir dari keprihatinan dan dicita-citakan akan dapat menunjukan eksistensinya kembali.

kembali ke induk halaman

kembali ke halaman depan



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: